Haruskah Sunat Dilakukan oleh Dokter Spesialis saat Akan Sunat Dewasa?

Dokter spesialis adalah mereka yang melakukan tindakan medis/pembedahan untuk tujuan tertentu, salah satunya adalah sunat dewasa. Meskipun begitu, apakah semua sunat dewasa harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah? Jawabannya adalah tidak selalu. Hal ini karena tindakan sunat adalah tindakan medis yang cukup sederhana dan bukan tindakan yang kompleks. Apalagi,saat ini sudah tersedia metode sunat modern yang pastinya akan memudahkan dokter untuk melakukan prosedur sunat. Sehingga, sunat ini masih bisa dilakukan dengan bantuan para dokter umum. 

Apa perbedaan dokter umum dan dokter spesialis? 

Profesi seorang dokter terbagi menjadi dua, yaitu dokter umum dengan dokter spesialis. Nah, keduanya terletak dari masa tempuh pendidikannya. Jika, dokter umum biasanya menempuh pendidikan untuk mempelajari berbagai penyakit sekitar 5 tahun. Maka, seorang dokter spesialis biasanya harus menyelesaikan studi lanjutan selama beberapa tahun. Lama studi tersebut berbeda-beda, tergantung dari bidang yang dokter tersebut ambil. Berbeda dengan dokter umum, para dokter spesialis ini biasanya mendalami ilmu dan berfokus terhada satu hal, misalnya dokter spesialis bedah yang mempelajari semua ilmu tentang pembedahan.  

Sunat dewasa dengan dokter spesialis 

Sirkumsisi atau sunat dewasa merupakan tindakan prosedur untuk memotong sebagian kulit pada kulup penis. Seseorang yang ingin melakukan sunat, sebaiknya melakukan dengan dokter. Terutama, pada mereka yang memiliki kondisi khusus, seperti penis tenggelam maupun mikropenis. Kondisi penis tenggelam adalah kondisi ketika penis tertutupi oleh kulit lemak perut maupun kulit lemak paha. Hal ini biasanya berkaitan dengan berat badan berlebih.

Selain itu, pada kondisi ini penis umumnya berukuran normal, hal ini berbeda dengan kondisi mikropenis, di mana ukuran penis pada pria lebih kecil dari ukuran rata-rata. Jadi, jika pria dewasa akan melakukan sunat, maka sebaiknya lakukanlah konsultasi terlebih dahulu. Karena, dengan berkonsultasi dengan dokter, maka dokter dapat memberikan keputusan mengenai pemilihan metode hingga pelaksanaan sunat nantinya akan dilakukan oleh dokter umum atau harus dengan dokter spesialis bedah. 

Tips saat akan melakukan sunat dewasa 

Sebelum memutuskan untuk melakukan sunat, sebaiknya perhatikanlah hal-hal di bawah ini, seperti: 

  • Lakukanlah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu 
  • Setelah itu, lakukan pemeriksaan laboratorium
  • Pilihlah tempat sunat terpercaya yang menyediakan layanan sunat dewasa
  • Dan, jangan lupa untuk memilih metode sunat modern yang minim risiko dan perdarahan
  • Persiapkan mental sekaligus biaya untuk sunat 
  • Potong bulu kemaluan sebelum tindakan sunat 

Selain itu, setelah sunat usahakan untuk jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang berat terlebih dahulu. Sebaiknya istirahat di rumah terlebih dahulu hingga luka sunat mengering. Dan, pastikan untuk melakukan perawatan sunat sesuai dengan anjuran dari dokter. 

Rumah Sunat dr.Mahdian bisa jadi pilihan 

Untuk kamu yang akan melakukan khitan/sunat dewasa, maka Rumah Sunat dr.Mahdian bisa jadi pilihan. Tak hanya hadir sebagai tempat sunat terpercaya, Rumah Sunat dr.Mahdian juga memiliki banyak kelebihan dari klinik khitan lainnya. Hal ini karena, Rumah Sunat dr.Mahdian menggunakan metode modern Gun Stapler untuk khitan dewasa. Di mana tindakan ini lebih minim nyeri, minim risiko, dan minim perdarahan dari metode sunat lainnya. Selain itu, tindakannya juga dilakukan dengan dokter berpengalaman. Sehingga, kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal kenyamanan khitan di klinik Rumah Sunat dr.Mahdian. 

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Lainnya