Apakah Khitan Dewasa Memiliki Prosedur yang Sulit?

Apakah prosedur khitan dewasa lebih sulit daripada khitan atau sunat pada anak-anak? Jawabannya adalah ya. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan karakteristik penis dewasa dan anak-anak.

Khitan untuk orang dewasa sudah menjadi hal yang umum di Indonesia. Kebanyakan yang melakukan tindakan ini adalah untuk alasan keagamaan yakni saat seseorang baru saja memeluk agama Islam. Namun, ada juga karena memang untuk kesehatan karena sunat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di area penis.

Lalu, apakah khitan dewasa memiliki prosedur yang sama dengan anak-anak? Ya, prosedur sunat untuk dewasa sama saja , seperti pada anak-anak. Namun, yang membedakan adalah metode yang digunakan dan tingkat kesulitannya karena karakteristik penis orang dewasa berbeda dengan anak-anak. Jadi harus lebih berhati-hati dan dilakukan oleh dokter yang memang sudah ahli dan berpengalaman. 

Perbedaan karakteristik penis anak dan dewasa

Kulit penis  pada pria dewasa tidak se-elastis penis pada anak-anak. Hal ini menyebabkan proses khitan/ sunat pada pasien dewasa menjadi lebih kompleks. Selain itu, saat membuang kulit kulup pada pasien dewasa juga tidak boleh terlalu banyak, karena rentan mengalami risiko perdarahan. Terlebih, penis pada orang dewasa juga lebih sensitif, sehingga sentuhan sedikit saja terkadang mampu membuat penis mudah meregang.

Pada banyak kasus khitan dewasa, banyak pasien yang mengalami peregangan saat tindakan, menyebabkan rasa nyeri hingga dapat membuat jahitan pada penis terlepas. Oleh karena itu,  sunat  untuk orang dewasa sebaiknya tak boleh dilakukan oleh sembarang orang, harus dengan tenaga medis yang sudah berpengalaman untuk meminimalisir risiko dan juga rasa nyeri.

Jadi, meskipun khitan saat usia dewasa memiliki risikonya tersendiri, namun bisa kamu minimalisir dengan memilih tempat sunat yang memiliki dokter berpengalaman untuk melakukan tindakan sirkumsisi pada dewasa dan juga memiliki metode sunat yang tepat. 

Prosedur Khitan Dewasa

Ada banyak metode pilihan untuk pasien khitan dewasa, salah satunya adalah menggunakan metode modern gun stapler. Alat tersebut berbentuk seperti tembakan, yang mampu menyesuaikan dengan ukuran penis pada orang dewasa, jahitan lebih kencang sehingga tak mudah lepas. Berikut adalah prosedur sirkumsisi pada orang dewasa menggunakan metode gun stapler, di antaranya: 

  • Pasien berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan sunat
  • Melakukan pemeriksaan laboratorium agar sunat dapat berjalan lancar 
  • Sebelum tindakan, pasien sebaiknya memotong habis bulu di area kemaluan agar memperlancar tindakan  
  • Pengukuran penis akan dokter lakukan untuk menyiapkan alat gun stapler yang tepat untuk pasien 
  • Saat tindakan, dokter biasanya akan memberikan anestesi/obat bius pada pasien 
  • Tindakan berlangsung, dokter memasang  gun stapler ke area kepala penis. Saat dokter menarik pelatuk alat tersebut, menahannya selama beberapa menit, maka kulup akan terpotong dengan sendirinya. 
  • Tindakan selesai. 

Karena menggunakan metode modern, tindakan ini tidak lagi menyakitkan dan berisiko. Jadi, tidak perlu khawatir soal kenyamanan pada tindakannya. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Sunat Bagi Pria Dewasa, Wah Ternyata Ada Untuk Pasangannya!

Kelebihan Metode Gun Stapler

Dengan hadirnya metode modern seperti gun stapler, membuat sunat pada pria dewasa kini menjadi lebih sederhana dan cepat. Berikut adalah beberapa kelebihan dari metode dengan gun stapler, di antaranya: 

  • Tindakan cepat hanya membutuhkan waktu 10- 15 menit 
  • Minim perdarahan dan minim risiko 
  • Minim rasa nyeri 
  • Memberikan kemudahan bagi pasien maupun bagi dokter 
  • Proses penyembuhan cepat
  • Bisa langsung aktivitas setelah tindakan 

Baca Juga: Manfaat Sunat Orang Dewasa, Bantu Kurangi Risiko Terinfeksi Herpes Genital

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya