4 Amalan Bulan Rajab

amalan bulan rajab

Amalan bulan rajab merupakan salah satu amalan yang mendatangkan pahala.

Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa bulan Rajab merupakan bulan yang mulia dan setiap umat muslim menyambutnya dengan penuh kegembiraan. Rasulullah SAW menyambut bulan Rajab dengan berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan panjang umur hingga menikmati keistimewaan bulan Ramadhan.

Bukan sekedar menjalankannya, banyak umat Islam kembali mengingat dan belajar tentang tata cara dan hukum beribadah di bulan Rajab. Kehadiran bulan Rajab juga identik dengan persiapan menyongsong bulan Suci Ramadhan.

Lebih lengkapnya, berikut adalah amalan bulan Rajab yang akan mendatangkan banyak pahala dan keberkahan.

1. Sholat Sunnah

amalan bulan rajab
A Muslim woman prays in her home.

Selain Puasa Sunnah, amalan bulan Rajab yang dapat kamu lakukan pertama kali adalah Sholat Sunnah. Ada beberapa macam sholat sunnah yang dapat kamu lakukan pada saat bulan rajab, yaitu:

  • Sholat pada malam pertama bulan Rajab
  • Melakukan sholat saat malam Jumat pekan pertama bulan
  • Sholat pada malam Nisfu Rajab (pertengahan atau tanggal 15 Rajab)
  • Melakukan sholat saat malam 27 Rajab (malam Isra dan Miraj)

Baca Juga: Cerita Sunat Marshel dan Genki

2. Banyak istighfar

Bulan rajab merupakan bulan permohonan ampun kepada Allah SWT. Melakukan banyak istighfar di bulan Rajab merupakan sebuah anjuran bagi setiap umat muslim untuk memohon ampun atas segala dosa – dosa yang telah mereka perbuat.

3. Melakukan Sedekah

Bersedekah merupakan salah satu perilaku yang mulia untuk memperbanyak amal sholeh di bulan rajab. Bersedekah dapat menolak bala, memperlancar rezeki, memperpanjang umur serta dapat memberikan keberkahan di dunia dan di akhir.

4. Menyambung Tali Silahturahmi

Amalan bulan Rajab yang dapat kamu lakuakn selain puasa sunnah yang selanjutnya adalah menyambung tali silaturahmi antar umat beragama. Menyambung tali silaturahmi penting kamu lakukan karena bertujuan agar para umat manusia senantiasa hidup rukun dan berdampingan dengan semua saudaranya.

Baca Juga: Manfaat Sunat bagi Pria Dewasa dan Persiapannya

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Tidak Perlu Malu untuk Sunat Dewasa

Sunat dewasa adalah topik yang sering kali dianggap tabu atau memalukan untuk dibicarakan. Namun, penting untuk mengubah pandangan ini karena sunat dewasa adalah langkah berani