Cari Tahu Manfaat Sunat Dewasa dan Prosedurnya

manfaat Sunat dewasa

Tidak semua laki-laki telah menjalani sunat sejak mereka kecil. Kondisi tersebut bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah rasa takut. Pada awalnya banyak pria dewasa yang tidak peduli jika tidak sunat. Namun setelah mengetahui manfaat dan risiko sunat dewasa, kini kesadaran terhadap pentingnya sunat mulai meningkat. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang sunat dewasa.

Sunat

manfaat Sunat dewasa

Sunat merupakan proses pembedahan kulup atau kulit kepala penis. Tidak hanya pada pria dewasa dan anak-anak, sunat atau nama ilmiahnya adalah  sirkumsisi juga dilakukan terhadap bayi. Di Indonesia, proses sunat umumnya orang-orang lakukan saat anak laki-laki memasuki usia sekolah dasar (sekitar 6–10 tahun).

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan untuk laki-laki dewasa melakukan sunat karena sunat sendiri tidak ada batasan usia. Permintaan sunat dewasa sekarang ini semakin banyak setelah mengetahui manfaatnya bagi kesehatan.

Baca Juga: Rumah Sunat dr. Mahdian, Pusatnya Layanan Khitan Dewasa di Semarang

Manfaat Sunat Dewasa

Sunat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tindakan ini menjadi pencegah banyak penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat sunat:

  • Mencegah risiko terjangkit penyakit menular seksual dan komplikasinya, seperti epididymitis dan orchitis (radang testis) yang berakibat pada penurunan kesuburan 
  • Mengurangi risiko terserang infeksi saluran kemih (ISK)
  • Mencegah terjadinya kondisi fimosis atau ketidakmampuan untuk menarik kembali kulit penis atau kulup
  • Berkurangnya risiko terjadinya penyakit balanitis (radang pada ujung kepala penis) dan balanoposthitis (radang pada kepala penis dan kulup)
  • Mencegah risiko terjadinya kanker serviks pada pasangan wanita dan juga kanker penis

Prosedur

Dulu, prosedur sunat dewasa memakan waktu lebih lama, yaitu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Namun, saat ini proses sunat bisa berlangsung kurang dari 15 menit dengan menggunakan metode sunat modern, seperti Gun Stapler. 

Sebelum proses sunat mulai, dokter akan memberikan bius atau anastesi.Setelah dokter memastikan bahwa obat bius bekerja proses sunat akan ia mulai. Bagaimana prosesnya, tergantung pada metode yang dokter gunakan. Saat ini ada metode sunat dewasa modern yang risikonya lebih kecil. Meski menggunakan metode yang berbeda-beda, pada dasarnya proses sunat sama, yaitu sama-sama menghilangkan kulup. 

Perawatan Pasca-Sunat Dewasa

Pasien sunat dewasa pada umumnya akan pulih total dalam waktu 2 hingga 3 minggu. Selama masa pemulihan ini, ada beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kurangi kegiatan berat dan penggunaan celana ketat supaya tidak memicu rasa nyeri dan pembengkakan lebih lanjut
  • Minum obat-obatan pereda rasa sakit dan antibiotik sesuai petunjuk yang dokter berikan
  • Bersihkan penis sesuai petunjuk dokter

Sunat dewasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Anda tidak perlu malu jika baru sunat di usia dewasa. Anda perlu malu jika Anda terserang penyakit akibat tidak mau sunat. Hubungi Rumah Sunat dr. Mahdian untuk sunat dewasa yang aman, nyaman, dan prosedurnya cepat di 08111661005. Sunat dewasa lebih nyaman dan terjaga privasinya di Rumah Sunat dr. Mahdian.

Baca Juga: Cari Klinik Sunat Terdekat di Kebayoran Lama? Ini Rekomendasinya!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Tidak Perlu Malu untuk Sunat Dewasa

Sunat dewasa adalah topik yang sering kali dianggap tabu atau memalukan untuk dibicarakan. Namun, penting untuk mengubah pandangan ini karena sunat dewasa adalah langkah berani