Contoh Kegiatan yang Membatalkan Puasa Anda

yang membatalkan puasa

Sama seperti sunat, puasa hukumnya juga wajib bagi seluruh penganut agama Islam. Maka dari itu setiap bulan puasa tiba, penganut agama Islam melakukan puasa sebagai bentuk amalan bulan Rajab. Tapi sudah tahukah kamu, kalau melakukan sunat di bulan puasa, tidak akan membatalkan puasa kamu! Wah! Lalu, kegiatan apa dong yang membatalkan puasa kamu? Yuk simak artikel ini!

Makan dan Minum Secara Sengaja

yang membatalkan puasa

Dari semuanya, hal paling pasti yang akan membatalkan puasamu adalah makan dan minum secara sengaja. Kalau kamu belum terbiasa untuk berpuasa full, kamu bisa mulai dengan puasa setengah hari untuk membiasakan diri. 

Merokok

Karena esensi puasa adalah tidak memasukkan segala sesuatu melalui lubang yang ada di dalam tubuh. Maka, karena merokok adalah tindakan yang memasukkan batang rokok ke dalam mulut, menghisap, dan mengeluarkan asapnya melalui hidung atau mulut, kegiatan ini dapat membatalkan puasa kamu.

Muntah 

Selain memasukkan sesuatu, tindakan mengeluarkan cairan dalam tubuh ternyata termasuk dalam hal yang membatalkan puasa kamu, loh! Tapi, tenang saja kamu masih bisa buang air seperti biasa tanpa takut membatalkan puasamu. 

Berhubungan Badan

Kamu boleh melakukan hubungan badan dengan pasanganmu hanya di malam hari saja. Kalau kamu melakukannya sebelum berbuka puasa, hal ini bisa membatalkan puasamu.

Baca Juga: Tujuan Utama Khitan untuk Dewasa

Mengeluarkan Air Mani

Selain berhubungan seksual, melakukan masturbasi termasuk ke dalam hal yang dapat membatalkan puasa kamu, lho! Hal ini karena selain mengeluarkan cairan dari dalam tubuh, artinya kamu juga tidak bisa menahan hawa nafsumu. Padahal, salah satu manfaat puasa adalah menahan hawa nafsu kamu.

Memasukkan Obat ke Dubur

Nah, untuk kamu yang mengalami ambeien, bisa segera mengobatinya ya! Karena, memasukkan obat ke dalam dubur ternyata termasuk salah satu kegiatan yang bisa membatalkan puasa kamu. Maka dari itu, carilah pengobatan secepatnya ya!

Berbuka dengan Makanan Haram

Meskipun kamu berhasil melakukan puasa full, tetapi puasamu tidak akan dianggap kalau ternyata kamu berbuka dengan makanan haram. Jadi, selain menjaga hawa nafsu selama berbuka, kamu perlu memerhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat berbuka juga.

Emosi

Karena kamu perlu menjaga hawa nafsu kamu, kamu juga perlu mengontrol emosi kamu selama puasa loh. Jangan sampai puasamu batal karena amarah atau tangisan sedihmu.

Jalani proses sunat yang minim nyeri jadi puasa kamu tidak batal di Rumah Sunat dr. Mahdian. Kamu bisa hubungi nomor 08111661005 untuk informasi lebih lanjut ya!

Kalau sudah tahu hal-hal di atas, kamu bisa menghindarinya untuk memastikan puasamu berjalan lancar dan berhasil ya! Selamat menjalankan ibadah puasa!

Baca Juga: Apakah Penyakit Chlamydia Bisa Sembuh? Ini Jawabannya!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Tidak Perlu Malu untuk Sunat Dewasa

Sunat dewasa adalah topik yang sering kali dianggap tabu atau memalukan untuk dibicarakan. Namun, penting untuk mengubah pandangan ini karena sunat dewasa adalah langkah berani