Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan Kamu

puasa senin kamis

Menyambut puasa di bulan Ramadan, bisa kamu mulai dengan membiasakan puasa di hari senin dan kamis. Pemilihan hari ini tidak sembarang capcipcup, lho! Hari senin merupakan hari di mana Rasullullah SAW menerima wahyunya dari Allah SWT. Maka dari itu, sangat baik untuk kamu menjalani pausa di hari senin dan kamis.

Beberapa manfaat lainnya, selain manfaat di akhirat, ada juga manfaat untuk dunia terutama di bidang kesehatanmu. Memiliki tubuh dan pikiran yang sehat dapat melancarkan hidupmu agar berkualitas baik dunia dan akhirat. 

Berikut manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan kamu:

Melatih Bersyukur

puasa senin kamis
A Muslim woman prays in her home.

Dengan melakukan puasa senin kamis, kamu akan melatih empati dan simpatimu untuk orang lain. Hal ini bisa membantu kamu untuk lebih bersyukur atas rezeki yang kamu terima dari Allah SWT.

Melatih Hawa Nafsu

Esensi utama melakukan puasa senin kamis adalah melatih hawa nafsu agar terlatih sehingga kamu tidak dikuasai hawa nafsu terus menerus. Tak hanya nafsu makan saja, namun berbagai nafsu duniawi lainnya. Seperti berhubungan badan, misalnya.

Baca Juga: Sunat Nyaman dengan Gun Stapler untuk Orang Dewasa

Menghindari Godaan Setan

Salah satu manfaat melakukan puasa adalah untuk melatih menahan hawa nafsu. Kalau kamu sudah terlatih menahan hawa nafsu, akan lebih mudah bagi kamu untuk terhindar dari godaan setan.

Beri Organ Pencernaan Waktu Beristirahat

Sudah tahu dong, sel-sel di dalam tubuh membutuhkan waktu beristirahat agar bisa meregenerasi diri dan menyembuhkan diri mereka? Nah, dengan melakukan puasa, kamu memberikan waktu istirahat untuk organ pencernaan beristirahat. Dengan begitu, organ pencernaan kamu bisa berada dalam kondisi yang optimal setiap saat.

Menyehatkan Kulit

Nutrisi di tubuh kamu bisa fokus bekerja di bagian tubuh lainnya, saat perut sedang tidak memroses makanan atau minuman. Hal ini bisa menyebabkan nutrisi tubuh kamu berfokus pada sel kulit dan meremajakan dan mengencangkan sel kulit tubuhmu. 

Bermanfaat untuk Jantung

Membiasakan diri melakukan puasa bisa membantu mengurangi kolesterol jahat kamu. Hal ini karena, selama berpuasa, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi. Penelitian telah membuktikan, sering melakukan puasa baik untuk kesehatan jantung kamu.

Menyehatkan Gigi

 Karena melakukan puasa, aktivitas mengunyah gigi kamu juga berkurang. Hal ini menyebabkan berkurangnya risiko tertinggalnya sisa makanan di sela-sela gigi. 

Baca Juga: Bakteri Penyebab Penyakit Sifilis Adalah Treponema pallidum

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Tidak Perlu Malu untuk Sunat Dewasa

Sunat dewasa adalah topik yang sering kali dianggap tabu atau memalukan untuk dibicarakan. Namun, penting untuk mengubah pandangan ini karena sunat dewasa adalah langkah berani