Meski Berbahaya, Ini yang Harus Diketahui untuk Penyembuhan Sunat Laser

Penyembuhan sunat laser
klik gambar untuk konsultasi

Penyembuhan sunat laser sebenarnya tidak memerlukan waktu lama asalkan perawatannya tepat. Sunat laser merupakan metode modern yang kini banyak diminati oleh orangtua maupun pria dewasa. Yang belum banyak orang ketahui adalah sunat dengan teknik laser sebenarnya sangat berbahaya dan dapat menimbulkan risiko apabila terjadi kesalahan saat tindakan dan tidak dilakukan oleh dokter yang berpengalaman. Namun, jika kamu memilih untuk sunat laser, sebaiknya lakukan beberapa perawatan berikut agar proses penyembuhannya lebih cepat.

Melansir ResearchGate, sunat adalah prosedur medis untuk membuang atau memotong lapisan kulit yang menutupi kepala penis. Tujuannya adalah untuk membuka/mengekspos glans (kepala penis) untuk mencegah terjadinya fimosis atau parafimosis. Fimosis adalah melekatnya kulup di kepala penis sehingga sulit untuk ditarik ke belakang, sedangkan parafimosis yaitu kondisi kulup yang tertarik ke pangkal namun tidak dapat kembali ke kepala penis. Kedua kondisi ini bisa berdampak buruk pada kesehatan jika tidak tertangani dengan tepat. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan sunat.

Apa Saja Manfaat Sunat untuk Kesehatan?

Manfaat sunat dewasa

Sunat memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Tak hanya untuk kesehatan penis pada pria, namun juga dapat menjaga kebersihan penis. Manfaat sunat lainnya, yaitu:

  1. Menghindari kelainan pada penis, seperti balanoposititis (peradangan di kulup dan kepala penis), parafimosis (penis yang tidak bisa kembali ke posisi awal di kepala penis), dan fimosis (kulup yang menempel di kepala penis).
  2. Mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Gejalanya bisa berupa seringnya buang air kecil, sakit saat buang air kecil, ataupun urin berwarna keruh. ISK juga bisa menyebabkan penis membengkak.
  3. Menurunkan risiko infeksi penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV, sifilis, gonore dan PMS lainnya.
  4. Mencegah risiko kanker penis dan kanker serviks pada pasangan wanitanya.

Risiko dan Bahaya Sunat Laser

Mengutip Cleveland Clinic, umumnya, sunat adalah prosedur bedah yang aman, namun tetap dapat menimbulkan risiko-risiko, seperti pendarahan, infeksi, rasa nyeri, reaksi akibat anestesi, serta iritasi di kepala penis.

Dibanding metode konvensional, minat masyarakat terhadap teknik sunat laser semakin tinggi karena selain karena durasi tindakannya yang singkat, proses penyembuhannya pun juga cepat.

Sunat dengan cara ini sebenarnya menggunakan energi panas listrik dengan alat elektrokauter (kauterisasi) untuk memotong jaringan, koagulasi dan diseksi. Meskipun setiap prosedur sunat dapat menimbulkan komplikasi, namun sunat dengan teknik laser dapat menyebabkan risiko lebih tinggi pada kelenjar atau jaringan penis.

Risiko yang bisa terjadi dari sunat dengan metode laser, antara lain:

  • Luka bakar
  • Cedera pada kelenjar penis
  • Merusak jaringan di area sekitar penis
  • Kepala penis terpotong

Cara Penyembuhan Sunat Laser

Apabila kamu telah melakukan sunat dengan metode laser, maka perhatikan cara merawat luka sunat agar cepat sembuh.

  • Beristirahatlah dengan cukup dan kurangi aktivitas yang berlebiha Hal ini dapat mengurangi nyeri yang terasa pada luka sunat.
  • Minumlah obat pereda nyeri. Minumlah obat-obatan seperti ibuprofen dan parasetamol sesuai aturan pakai dan resep dari dokter apabila merasakan sakit di area sekitar penis.
  • Bersihkan penis dengan rutin sehabis buang air ke Sebaiknya hindari penggunaan sabun terlalu banyak atau sabun yang mengandung bahan kimia yang terlalu keras seperti pewangi, pengawet maupun antiseptik.
  • Pakailah baju dan celana yang longgar. Pakaian ketat bisa menghambat aliran darah ke penis dan menekan area penis sehingga menyebabkan sakit.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang. Untuk mempercepat proses penyembuhan kamu sebaiknya mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, sebaiknya hindari makanan tertentu jika kamu memiliki alergi.

Nah, itu tadi cara untuk mempercepat penyembuhan sunat laser. Namun, yang penting untuk kamu ketahui sebaiknya pilihlah metode sunat yang lebih aman karena dapat meminimalisir risiko dan mencegah terjadinya komplikasi. Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki metode sunat Gun Stapler dengan berbagai keunggulannya yang membuat pengalaman sunat pria dewasa menjadi lebih nyaman.

Metode Gun Stapler yang Lebih Aman

Agar kamu dapat terhindar dari risiko tersebut, sebaiknya memilih sunat dengan teknik lainnya yang lebih aman, seperti metode Gun Stapler. Gun Stapler juga lebih nyaman untuk sunat laki-laki dewasa karena minim risiko pendarahan, tanpa perlu jahitan dan kamu bisa langsung beraktivitas. Stapler yang menempel di kepala penis akan meminimalisir rasa nyeri saat kamu melakukan kegiatan dan ketika mengalami ereksi. Selain prosesnya yang juga cepat, sunat dengan metode ini juga tidak menggunakan jarum suntik, namun dengan alat bernama Comfort In yang bekerja menghantarkan obat/ bius ke dalam lapisan kulit dengan sangat cepat. Jadi, metode ini juga sangat cocok bagi para pria yang fobia dengan jarum suntik.

Untuk mengetahui selengkapnya tentang sunat dengan metode modern yang aman yaitu Gun Stapler, kunjungi website www.khitandewasa.com atau www.rumahsunatdrmahdian.com

Kamu juga bisa follow Instagram @sunatdewasacom untuk berbagai informasi menarik seputar sunat dewasa.

 

klik gambar untuk konsultasi

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Lainnya