Peduli Kesehatan Diri dan Pasangan, Makin Banyak Orang yang Sunat Dewasa

Sunat atau khitan tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, namun juga dilakukan oleh berbagai negara di seluruh dunia. Baik karena alasan agama dan kesehatan.  Persentase laki-laki yang telah sunat di Inggris mencapai 20,7%. Sedangkan 7% di Spanyol; 45% di Afrika Selatan; 82,5% di Amerika Serikat, dan lebih dari 90% di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak hanya anak-anak, laki-laki dewasa pun juga melakukan khitan

Pada tahun 2007, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 33% laki-laki dewasa di seluruh dunia yang berusia lebih dari 15 tahun telah sunat dengan dua pertiga dari mereka adalah muslim.

Rumah Sunat dr. Mahdian sebagai pusat pelayanan khitan anak dan dewasa, semakin banyak saja kedatangan pasien khitan dewasa. 

Manfaat Sunat Bagi Kesehatan

Tidak hanya karena agama,  sunat dewasa sekarang ini sudah menjadi hal yang wajar dan umum. Hal ini didasari oleh semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan manfaat sunat bagi kesehatan. Berikut manfaat khitan  bagi kesehatan.

Kanker Rahim Pada Pasangannya

Dari beberapa penelitian, prediksi kanker rahim atau serviks pada perempuan, cukup tinggi dari pasangan laki-lakinya yang tidak melakukan khitan. Mengapa? Hal tersebut akibat  kulit kulup yang menutupi kepala penis, saat kotoran menumpuk dapat berisiko menjadi tempat berkembangbiaknya kuman atau bakteri dan dapat kontak langsung dengan dinding rahim saat berhubungan intim.

Kotoran tersebut dapat berasal dari sisa air seni. Terkadang sebagian orang tidak menyadarinya, terlebih lagi bila para laki-laki tidak membersihkan dengan benar sisa air seni tersebut. Bukan hanya air seni saja yang dapat terakumulasi, keringat juga dapat membuat area genitalia tersebut berkumpul pada kulit kulup.

Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan penyebab kematian kedua akibat kanker bagi pria di Amerika Serikat. Indonesia, kanker prostat menempati urutan ke-2 sebagai jenis kanker yang paling banyak pria alami. 

Penelitian Jonathan L Wright (2012) menemukan, sunat sebelum laki-laki berhubungan intim pertama kali dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat sebanyak 15%.

Wright menjelaskan bahwa infeksi menular seksual dapat memicu kanker prostat. Penyebabnya adalah peradangan kronis dan menciptakan lingkungan yang ramah bagi pertumbuhan sel kanker. Namun, baik infeksi menular seksual dan kanker prostat dapat kita cegah dengan melakukan sunat.

Metode Sunat Dewasa Stapler

Pada dasarnya, teknik khitan  untuk pria dewasa sama seperti sunat anak. Namun, ada beberapa perlakuan khsusus yang sedikit berbeda pada khitan dewasa, yaitu metode.  Khitan pada pria dewasa sebaiknya dilakukan oleh dokter yang berpengalaman khitan dewasa agar lebih aman.

Khitan dewasa di Rumah Sunat dr. Mahdian menggunakan metode gun stapler. Metode ini minim risiko karena kepala penis terlindungi, dimasukkan dalam corong yang ukurannya telah disesuaikan. Kepala penis tidak bersentuhan dengan benda tajam. Waktu khitan lebih cepat jika dibandingkan dengan konvensional yang membutuhkan waktu 30 menit atau lebih.

baca juga: GUN STAPLER, METODE KHITAN DEWASA YANG AMAN DAN NYAMAN

Khitan adalah suatu tindakan bedah untuk membuang kulit kulup bagian depan kepala penis. Dengan melakukan sunat, penis dapat lebih mudah dibersihkan. Dari penjelasan di atas, dengan melakukan sunat berarti sudah melakukan peningkatan kesehatan genitalia bagi para laki-laki dewasa maupun pasangannya.

Saat ini, khitan pada dewasa ternyata sudah tidak tabu dan telah menjadi kebutuhan bagi seluruh kaum pria.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya