Tujuan Utama Sunat untuk Pria Dewasa

Tujuan utama sunat untuk pria dewasa pada setiap orang bisa saja berbeda-beda, baik karena agama maupun kesehatan. Keduanya sama-sama membawa kebaikan. Sunat artinya adalah pembedahan atau pemotongan pada kulit kepala penis.

Dalam sisi medis, tujuan utama sunat / khitan adalah mencegah penyakit dan kebersihan. Dengan melakukan sunat maka risiko mengalami penyakit menular dan infeksi akan lebih kecil. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai sunat atau yang dalam istilah medisnya sirkumsisi dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Sunat

Sunat adalah proses memotong kulup atau kulit yang menutupi kepala penis. Tak hanya pada orang dewasa dan anak-anak, sirkumsisi juga bisa dokter lakukan terhadap bayi dengan ketentuan tertentu.

Tujuan Utama Sunat

Salah satu tujuan utama sunat secara umum adalah kebersihan dan kesehatan.

Khitan bermanfaat supaya membersihkan penis jadi lebih mudah. Kotoran yang berasal dari penumpukan sel kulit mati pada bagian ujung penis memicu timbulnya infeksi, jaringan mati penis, bahkan memungkinkan dilakukannya amputasi ujung penis.

Lebih lanjut adalah membantu mencegah risiko infeksi saluran kemih (ISK). ISK yang terjadi pada pria dewasa dapat meningkatkan timbulnya risiko gangguan ginjal di masa depan. Pada dasarnya, sunat bermanfaat untuk menghindari timbulnya masalah alat kelamin lain. Kulit kepala penis bisa sulit Anda tarik. Dampaknya, kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya peradangan pada kulup atau kulit kepala penis.

Prosedur

Dulu, prosedur sunat dewasa memakan waktu lebih lama, yaitu hingga 1 jam. Namun, saat ini proses sunat bisa berlangsung kurang dari 15 menit dengan menggunakan metode sunat modern, seperti Gun Stapler. 

Sebelum proses sunat mulai, dokter akan memberikan bius atau anestesi. Setelah dokter memastikan bahwa obat bius bekerja proses sunat akan ia mulai. Bagaimana prosesnya, Bergantung pada metode yang dokter gunakan.

Perawatan

Selama masa pemulihan ini, ada beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kurangi kegiatan berat dan penggunaan celana ketat supaya tidak memicu rasa nyeri dan pembengkakan lebih lanjut
  • Minum obat-obatan pereda rasa sakit dan antibiotik sesuai petunjuk yang dokter berikan
  • Bersihkan penis sesuai petunjuk dokter

Saat ini ada metode sunat dewasa modern yang risikonya lebih kecil. Meski menggunakan metode yang berbeda-beda, pada dasarnya tujuan utama sunat itu sama, yaitu menghilangkan kulit kepala penis yang memicu berbagai penyakit. 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Tidak Perlu Malu untuk Sunat Dewasa

Sunat dewasa adalah topik yang sering kali dianggap tabu atau memalukan untuk dibicarakan. Namun, penting untuk mengubah pandangan ini karena sunat dewasa adalah langkah berani