Fimosis Pada Laki-Laki Dewasa, Bisakah Sunat?

Dalam prosedur sunat, kulit yang menutupi kepala penis (kulup) dibuang atau potong sehingga kepala penis terbuka. Pada laki-laki yang tidak sunat/khitan, kulupnya akan menutupi kepala penis dan mudah berisiko terkena beberapa penyakit, seperti fimosis. 

Sebenarnya, fimosis merupakan kondisi yang normal pada bayi yang baru lahir. Biasanya kulup bisa ditarik menjauhi ujung penis dimulai pada anak usia tiga tahun yang belum khitan. Kondisi ini dapat bertahan hingga usia remaja bahkan dewasa.

Fimosis yang terjadi pada dewasa biasanya terjadi akibat kebersihan penis yang buruk atau penyakit yang mendasari seperti diabetes sehingga dapat menjadi bengkak hingga nyeri. Fimosis pada dewasa dapat mengganggu proses berkemih, hubungan seksual, dan meningkatkan risiko infeksi saluran  kemih.

Jika Anda menemukan kesulitan menarik kulup, sebaiknya periksakan ke dokter.

Penyebab Fimosis

Ada beberapa  kemungkinan penyebab fimosis, termasuk infeksi atau kondisi kulit, seperti: 

  • Infeksi saluran kemih berulang
  • Infeksi kulup
  • Penanganan ulang dari kulit khatan
  • Trauma kulup

Penyebab fimosis bisa karena kondisi kulit, seperti:

  • Eksim
  • Psoriasis
  • Lichen planus
  • Lichen sclerosus

Atasi Fimosis Pada Dewasa Dengan Sunat

Fimosis terjadi pada penis yang belum khitan, maka solusi terbaik untuk mengatasi fimosis adalah dengan khitan. Dengan khitan perlekatan pada kulit penis akan terlepas. Selain itu, khitan juga dapat membantu menjaga kebersihan penis karena lebih mudah membersihkannya. Risiko terjadinya penyakit pada penis pun juga berkurang, seperti penyakit infeksi menular seksual dan kanker penis. Laki-laki dewasa yang sudah khitan pun jauh disenangani oleh perempuan karena kebersihan lebih terjaga. 

Bagaimana, apakah Anda ingin sunat?

Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan klinik khusus sunat yang memiliki layanan sunat dewasa. Rumah Sunat dr. Mahdian telah berdiri sejak tahun 2006 hingga saat ini telah memiliki lebih dari 40 cabang di Indonesia. Pasien khitan dewasa Rumah Sunat dr. Mahdian tidak hanya warga negara Indonesia saja, para dokter telah berpengalaman dalam menangani pasien khitan dewasa warga negara asing. 

Menggunakan metode khitan terkini gun stapler yang cocok untuk dewasa dengan risiko minimal. Ditangani oleh dokter profesional dan dibantu perawat berpengalaman. Kini, khitan tidak perlu ragu atau mali lagi, privasi pasien terjaga. Namun, jika Anda menginginkan melakukan konsultasi lebih dulu juga bisa dengan dokter.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya