Khitan Dewasa Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho!

sunat dewasa

Memutuskan untuk menjalani khitan saat dewasa memang tidak mudah ya. Ada rasa enggan dan mungkin saja rasa malu. Berbeda dengan khitan ketika masih anak-anak. Terlebih ketika sudah dewasa, waktu dan tenaga terfokus untuk aktivitas lainnya seperti bekerja. Minimnya waktu kosong tentu menjadi pertimbangan juga untuk laki-laki dewasa menjalankan sunat.

Manfaat Khitan untuk Orang Dewasa

Pertimbangan terpenting sebelum mengambil keputusan untuk melakukan khitan atau tidak, tentunya kelebihan khitan itu sendiri. Alasan budaya atau kepercayaan saja terkadang tidak cukup untuk meyakinkan diri melakukan khitan. Salah satu alasan terpenting khitan adalah manfaatnya untuk kesehatan diri.

  • Kebersihan penis, terutama area kepala penis terjamin.
  • Khitan juga dapat mengurangi bahkan menghilangkan aroma kurang sedap di area penis.

Penyebab aroma kurang sedap di area penis yaitu terkadang adanya sisa kotoran di dalam kulit kepala penis.

  • Menekan resiko terjangkit kanker penis secara signifikan.
  • Menurunkan resiko terjangkit HIV/AIDS hingga 50%.
  • Secara signifikan dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kandung kemih.
  • Melakukan khitan juga dapat menghindarkan pasangan anda dari kanker serviks.

Faktanya perempuan yang memiliki pasangan telah melakukan khitan, memiliki resiko terkena kanker serviks jauh lebih rendah daripada yang belum melakukan khitan.=

Persiapan Khitan untuk Dewasa

Persiapan khitan untuk orang dewasa tentunya berbeda dengan khitan untuk anak-anak. Maka tetap konsultasikan rencana khitan anda dengan profesional agar anda dapat mempersiapkannya.

  • Pemeriksaan laboratorium

Pemeriksaan laboratorium yang perlu anda lakukan yaitu:

  • Dewasa (20-40 tahun)
    • GDS (Gula Darah Sewaktu)
    • BT/CT (Bleeding time / Clothing time)
  • Dewasa (>40 tahun)
    • PT-APTT
    • GDS (Gula Darah Sewaktu)
    • Hematologi sederhana
  • Mencukur bulu pubis
  • Menggunakan celana longgar/sarung pasca khitan.

Mitos Khitan Dewasa

Salah satu mitos yang masyarakat percayai terkait khitan dewasa, yaitu khitan dewasa memengaruhi aktivitas seksual seseorang. Faktanya, khitan dapat meningkatkan sensitivitas seseorang. Selain sensitivitas yang meningkat, khitan dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit menular seksual. Beberapa penyebab penyakit menular seksual adalah kurang terjaganya kebersihan alat kelamin seseorang. Khitan menjadi salah satu solusi untuk memastikan kerbersihan alat kelamin terjaga.

Risiko Khitan Dewasa

Sama seperti pada anak-anak, khitan dewasa memiliki beberapa risiko yang perlu anda tahu. Tentunya dengan metode yang tepat, berbagai risiko berikut ini dapat terhindar.

Risiko tersebut umum terjadi dan jarang menimbulkan komplikasi serius.

Metode 

Salah satu metode aman untuk khitan dewasa yaitu menggunakan Gun Stapler. Proses ini cenderung tidak memakan waktu yang banyak serta minim risiko terjadi komplikasi seperti pendarahan, pembengkakan, maupun infeksi. Prosesnya yaitu dengan menjepit bagian kulit yang akan melalui proses pemotongan. Bagian kepala penis akan terlindungi menggunakan corong yang ukuranya sesuai sehingga terhindar dari resiko kontak dengan benda tajam. Bagian yang telah terpotong lalu dijahit bersamaan menggunakan stapler nail.

Metode ini menghasilkan sunatan tanpa jejak jahit sehingga Anda tetap merasa nyaman dan dapat kembali beraktifitas seperti biasa. Setelahnya, anda tetap perlu menggunakan celana yang longgar atupun sarung untuk menghindari gesekan dengan kain. Anda juga perlu menghindari kegiatan seks selama sebulan.

Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu mengenai dengan tenaga medis profesional di Rumah Sunat dr. Mahdian. Hubungi nomor kontak 0811 9620 225 untuk mendaftar dan mendapat jadwal tindakan.

Baca juga: Dokter Spesialis Sunat Dewasa, Menangani Pasien dengan Metode Gun Stapler

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Tidak Perlu Malu untuk Sunat Dewasa

Sunat dewasa adalah topik yang sering kali dianggap tabu atau memalukan untuk dibicarakan. Namun, penting untuk mengubah pandangan ini karena sunat dewasa adalah langkah berani