Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih dan Pengobatannya

gelembung pasca sunat

Ciri ciri infeksi saluran kemih mudah dirasakan dan disadari. Simak beberapa penjelasannya di bawah ini supaya Anda lebih paham terkait infeksi saluran kemih. Baca hingga selesai untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah kondisi infeksi yang terjadi pada bagian organ di dalam sistem kemih. Organ yang termasuk ke dalam sistem kemih adalah ginjal, uretra, ureter, serta kandung kemih. Mayoritas kasus infeksi terjadi pada bagian kandung kemih dan uretra.

Ada 2 jenis infeksi saluran kemih, yaitu infeksi saluran kemih atas dan infeksi saluran kemih bawah. Infeksi saluran kemih atas adalah infeksi yang terjadi pada organ ureter dan ginjal. Sedangkan infeksi saluran kemih bawah adalah infeksi yang terjadi pada organ uretra dan kandung kemih. Waspadai ciri-ciri infeksi saluran kemih yang harus segera ditangani ketika terjadi.

Penyebab

Ada beberapa penyebab infeksi saluran kemih pada pria yang perlu diperhatikan. Penyebab utamanya datang dari infeksi bakteri Escherichia coli (E. coli). Bakteri ini hidup di dalam usus, namun ia bisa masuk ke saluran kemih melalui ureter atau uretra. 

Ciri-ciri infeksi saluran kemih pada pria biasanya banyak ditemukan pada orang berusia lanjut. Kondisi ini terjadi karena kelenjar prostat pria lansia lebih mudah bengkak.

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria?

Ciri ciri Infeksi Saluran Kemih

  1. Rasa ingin kencing yang terus menerus

Infeksi pada saluran kemih menyebabkan kandung kemih tidak bisa menampung urin dengan maksimal. Kandung kemih akan lebih cepat terasa penuh. Normalnya, frekuensi buang air kecil dalam satu hari adalah 4 – kali. Jika lebih dari jumlah tersebut, Anda perlu waspada terhadap ciri ciri infeksi saluran kemih.

  1. Air kencing berdarah, keruh, dan berbau tajam

Anda perlu segera pergi ke dokter ketika menemui kondisi kencing berdarah, keruh, dan mengeluarkan bau yang tajam. Ini menjadi salah satu tanda bahwa terjadi infeksi di dalam saluran kemih. Namun, jika gejala yang muncul hanya warna keruh pada kencing, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi.

  1. Saat kencing terasa perih dan panas

Anyang-anyangan memiliki nama medis, yaitu disuria. Kondisi ini menjadi salah satu ciri-ciri infeksi saluran kemih terjadi. Kondisi ini membuat proses buang air kecil terasa tidak nyaman. Selain terasa perih dan panas, air kencing yang keluar juga tidak maksimal padahal rasa ingin kencing terus muncul.

  1. Kebocoran urin

Kebocoran terjadi jika otot yang menopang organ di sekitar panggul melemah. Ini menyebabkan Anda tidak bisa menahan kencing walaupun hanya beberapa saat. Oleh karena itu, kondisi ini disebut dengan ‘kebocoran’. Salah satu ciri-ciri infeksi saluran kemih ini perlu Anda waspadai karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

  1. Konsumsi vitamin C
  2. Konsumsi probiotik
  3. Minum banyak air
  4. Minum teh hijau
  5. Konsumsi jus cranberi
  6. Buang kebiasaan menahan buang air kecil
  7. Jaga kebersihan area kandung kemih
  8. Kompres dengan air hangat

Infeksi saluran kemih adalah salah satu kondisi yang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Infeksi ini menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Ciri-ciri infeksi saluran kemih mudah ditemukan sehingga Anda akan langsung tahu tanpa harus bertanya ke dokter. Namun, jika beberapa gejala sudah muncul segeralah meminta tindakan dari dokter untuk meredakan rasa tidak nyaman.

Baca Juga: Wajib Tahu, Sunat Untuk Dewasa Ternyata Banyak Manfaatnya!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Tidak Perlu Malu untuk Sunat Dewasa

Sunat dewasa adalah topik yang sering kali dianggap tabu atau memalukan untuk dibicarakan. Namun, penting untuk mengubah pandangan ini karena sunat dewasa adalah langkah berani