Manfaat Sunat Pada Pria Dewasa, Benarkah Dapat Cegah Penyakit Seksual?

Manfaat sunat pada pria dewasa mungkin menjadi pertanyaan dari banyak orang. Hal ini karena, sunat merupakan tindakan yang identik dengan tradisi kebudayaan dan keagamaan saja. Padahal, mengutip dari Mayo Clinic (2022) menyebutkan bahwa, terlepas dari tradisi, sunat ini memiliki banyak manfaat dari segi medis. Meskipun, di Indonesia sunat atau sirkumsisi ini dilakukan ketika masih bayi hingga anak-anak. Namun, banyak pria yang melakukannya justru saat sudah dewasa. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk sunat, sebaiknya perlu ketahui terlebih dahulu mengenai prosedur, manfaat, hingga risikonya di dalam artikel ini!

Apa itu sirkumsisi atau sunat?

Mengutip dari Mayo Clinic (2022) menyebutkan bahwa, sirkumsisi merupakan tindakan operasi pengangkatan kulit pada ujung kulit penis atau kulup. Prosedur sirkumsisi merupakan tindakan medis yang cukup umum di beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia. Terlepas dari itu, sirkumsisi juga banyak dilakukan sebagian orang untuk tujuan medis. Salah satunya adalah penderita fimosis, yang rentan terjadi pada pria yang tak sunat, di mana kulit kulup terlalu ketat sehingga menempel pada kulit penis. Nah, seseorang dengan masalah tersebut biasanya akan melakukan sunat untuk tujuan pengobatan. Selain untuk tujuan pengobatan, beberapa orang juga melakukan sunat untuk tujuan medis,seperti untuk menjaga kebersihan di area penis. 

Lalu, bagaimana dengan beberapa orang yang memutuskan sunat pada saat sudah dewasa? Benarkah sirkumsisi ini memiliki banyak manfaat? 

Baca juga: Sunat Dewasa di Jakarta Menawarkan Metode Yang Lebih Minim Nyeri!

Manfaat sunat pada pria dewasa 

Sunat mungkin terdengar menyeramkan bagi sebagian orang. Sehingga, tak jarang membuat pria enggan untuk melakukan tindakan sunat ini. Apalagi, sunat di Indonesia ini sangat erat kaitannya, dengan tradisi keagamaan. Banyak orang menganggap bahwa sunat hanya untuk orang dengan agama tertentu. Padahal, mengutip dari DR Michael Read (2021) menyebutkan bahwa ada banyak manfaat dari sunat yang bisa seseorang dapatkan, seperti: 

  • Mengatasi masalah medis, seperti fimosis 

Banyak ahli medis menyetujui bahwa, sirkumsisi merupakan salah satu tindakan yang tepat untuk mengatasi fimosis. Kondisi fimosis merupakan salah satu masalah kesehatan yang membuat penderitanya mengalami perdarahan saat buang air kecil, dan merasakan sakit yang luar biasa di area penis. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya dokter akan merekomendasikan penderitanya untuk segera melakukan sunat. 

  • Mengurangi risiko infeksi pada kulup penis 

Tak hanya sebagai pengobatan, sirkumsisi atau sunat juga memiliki manfaat untuk mengurangi risiko infeksi pada kulup penis. Kulit penis dapat mengalami peradangan apabila kebersihan di area penis tidak terjaga. Dengan sunat, maka area penis akan lebih terjaga kebersihannya, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit di area tersebut. 

  • Mencegah penularan pada penyakit seksual 

Risiko infeksi penularan penyakit seksual akibat Human Papiloma Virus (HPV) sangat rentan terjadi pada mereka yang aktif secara seksual. Beberapa ahli menyebutkan bahwa sunat dapat mengurangi risiko penularan penyakit seksual. 

Selain beberapa manfaat di atas, sirkumsisi juga bisa menjadi salah satu tindakan untuk membuat pria lebih percaya diri dengan bentu penis yang mereka miliki. 

Risiko sunat ketika dewasa 

Sama seperti tindakan medis lainnya, sunat juga memiliki risiko tertentu. Salah satu risiko dari sunat adalah terjadinya perdarahan, risiko penis terpotong, hingga harus melakukan sunat revisi. Namun hal tersebut dapat kamu minimalisir dengan memilih tempat sunat terpercaya. 

Solusi untuk meminimalisir risko sunat pada pria dewasa 

Salah satu cara untuk meminimalisir risiko komplikasi pada saat tindakan sunat adalah dengan memilih tempat sunat yang sudah terpercaya. Apalagi, sunat pada orang dewasa menggunakan prosedur khusus yang lebih kompleks. Karena, penis pada pria dewasa mudah meregang, maka harus menggunakan metode khusus untuk menguatkan jahitan di area penis tersebut, salah satu metode terbaik untuk sunat dewasa adalah dengan metode gun stapler. Rumah Sunat dr.Mahdian memiliki layanan sunat dewasa menggunakan metode gun stapler yang lebih minim risiko, minim nyeri, dan juga minim perdarahan. Selain itu, sunat pada pria dewasa juga dilakukan oleh dokter berpengalaman di bidangnya. 
Sehingga, tindakan menjadi lebih nyaman bagi pasien. Nah, untuk kamu yang ingin melakukan sunat dewasa, untuk mengetahui biaya, lokasi klinik terdekat, hingga jadwal klinik Rumah Sunat dr.Mahdian

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya