Pria Harus Tahu! Ternyata, Ini 5 Makanan Penambah Kualitas Sperma

Bagi Anda yang sudah berpasangan, penting sekali untuk mengonsumsi makanan penambah kualitas sperma. Ternyata, menurut studi dari Fertility and the Aging male, sekitar 30% kasus pasangan yang sulit untuk hamil sangat dipengaruhi oleh masalah kesuburan pria. Jadi, bukan hanya wanita yang harus memperhatikan kesuburannya, namun begitu juga dengan para pria. Sebab, kualitas sperma yang baik dapat meningkatkan peluang kehamilan pada wanita. Nah, apa saja ya jenis makanan yang bisa menyuburkan sperma? Yuk, simak informasinya.

 

Pria yang memiliki masalah kesuburan dapat dipengaruhi oleh asupan makanan sehari-hari. Saat ini, tak jarang pria yang mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan cepat saji, makanan tinggi kalori, dan minuman tinggi kandungan gula. Kebiasaan makan yang tidak sehat dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma karena kurangnya kandungan nutrisi pada makanan tersebut.

Penyebab Pria tidak Subur

penyebab pria tidak subur

Selain karena faktor makanan tidak sehat, penyebab jumlah sperma yang sedikit ternyata bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Kebiasaan merokok
  • Mengonsumsi minuman keras
  • Faktor kegemukan atau obesitas
  • Menggunakan obat-obatan terlarang
  • Sering berendam di air panas dan menggunakan celana terlalu ketat sehingga meningkatkan suhu testis
  • Akibat terkena paparan radiasi
  • Stres yang berlebihan
  • Gangguan hormon

Berbagai faktor di atas bisa juga berpengaruh pada menurunnya fungsi seksual pada pria. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari pola hidup tidak sehat agar kualitas sperma meningkat.

Jenis Makanan Penambah Kualitas Sperma

Berdasarkan studi Fertility and Sterility dari Schmid, et al, memaparkan bukti bahwa konsumsi makanan bergizi seimbang dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada sperma pria.

Nutrisi seimbang dalam menu makanan harian seperti vitamin E, vitamin C, vitamin A, folat dan zinc dipercaya dapat memproduksi sperma yang sehat dan kerusakan DNA (deoxyribonucleic acid) yang lebih sedikit.

 

Berikut jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menambah kesuburan sperma, antara lain:

  1. Gandum utuh

Di dalam gandum utuh terdapat nutrisi yang baik untuk sperma yaitu folat atau vitamin B9. Folat sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma agar bisa membuahi sel telur. Selain itu, kandungan folat juga bisa Anda dapatkan dari makanan lainnya seperti sereal.

  1. Telur

Nutrisi asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam telur sangat baik untuk menyuburkan sperma. Sebab, kandungan asam lemak omega-3 ini dapat membantu meningkatkan jumlah, gerak dan bentuk dari sperma itu sendiri. Makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 ini yaitu ikan salmon, tuna, makerel dan sarden.

Tak hanya itu, protein dalam telur dapat melindungi sperma dari paparan radikal bebas yang akan membuat produksi sperma lebih kuat dan sehat.

  1. Pisang

Makanan penyubur sperma lainnya, yaitu pisang yang kaya vitamin A,B1, dan C serta mengandung enzim bromelain. Vitamin yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Bahkan, enzim bromelain mampu mencegah peradangan.

  1. Jamur

Konsumsi jamur juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma karena terdapat kandungan vitamin D. Vitamin ini dapat meningkatkan pergerakan pada sperma pria.

  1. Brokoli dan Bayam

Sayuran hijau dapat menguatkan sperma karena terdapat nutrisi yang sangat baik yaitu folat dan vitamin B9. Tak hanya untuk wanita, folat dapat meregenerasi sperma dan meningkatkan kualitasnya.

Kandungan vitamin tersebut juga dapat Anda konsumsi dari asparagus, lobak hijau, kentang dan alpukat.

Ubah Pola Hidup

 Mulai sekarang ubahlah pola hidup Anda dengan memperbanyak konsumsi makanan-makanan penyubur sperma. Hindari makanan tidak sehat yang dapat mengganggu produksi dan kualitas sperma dan minuman yang banyak mengandung kafein dan gula.

Hindari merokok, minuman beralkohol, dan lakukan aktivitas fisik sesering mungkin seperti bersepeda, berjalan kaki cepat, berenang dan aktivitas lainnya. Anda juga harus mengurangi stress yang berlebihan agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan sperma lebih kuat.

Dengan menjaga kesehatan dan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat, maka Anda akan membantu pasangan wanita untuk membantu mempermudah kehamilan yang diinginkan.

Baca juga: Pakai Celana Dalam Ketat, Benarkah Bisa Pengaruhi Kesuburan Pria?

 

klik gambar untuk konsultasi

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya