Dokter Spesialis Sunat Dewasa Terbaik Ada Dimana?

Dokter spesialis sunat dewasa apakah ada? Dalam dunia kedokteran dikenal istilah dokter spesialis, dokter umum, dokter sub spesialis hingga professor bidang ilmu kedokteran. Tapi pernahkah Anda dengar tentang dokter sunat?

Dokter sunat secara resmi sebetulnya tidak ada hanya sebuah istilah yang untuk dokter yang melakukan tindakan sunat. Secara kompetensi medis, dokter sunat masuk dalam kompetensi dokter umum.

Dokter Spesialis Sunat Dewasa

Dokter spesialis mengkhususkan pada kondisi yang leih spesifik. Berfokus pada bidang tertentu dalam ilmu kedokteran, misalnya Sp.BS (Spesialis Bedah Saraf), Sp.B (Spesialis Bedah) dan sebagainya.

Istilah dokter spesialis sunat dewasa mungkin bisa Anda artikan dokter umum yang mengkhususkan menangani sunat dewasa. Perlu Anda ingat, ini hanyalah sebuah istilah, dalam ilmu kedokteran, dokter sunat tidak ada seperti penjelasan di atas.

Sampai sejauh ini, dokter spesialis sunat dewasa atau yang khusus menangani sunat dewasa belum ada. Para dokter yang menangani sunat dapat melakukan sunat anak maupun sunat dewasa.

Istilah dokter sunta pun dikenal karena hadirnya klinik atau fasilitas kesehatan yang memiliki layanan sunat. Salah satunya adalah Rumah Sunat dr. Mahdian. Dokter yang melakukan sunat anak dan dewasa adalah sama. Namun, penggunaan metode, penanganan, persiapan dan perawatannya berbeda dengan anak-anak.

Baca Juga: Dokter Spesialis Sunat Dewasa, Menangani Pasien Dengan Metode Gun Stapler

Bedanya Sunat Anak Dengan Sunat Dewasa

Sunat anak dan sunat dewasa pada dasarnya sama aja. Namun, tindakan sunat dewasa tidak semudah pelaksanannya pada sunat anak. Hal ini karena karakteristik Mr. P berbeda. Secara fisik, Mr.P  dewasa lebih beresiko mengalami perdarahan.

Pada anak-anak tindakan sunat lebih mudah karena kulit kulupnya lebih elastis, sedang orang dewasa tidak. Oleh sebab itu, saat membuang atau memotong kulit kulup tidak boleh kebanyakan agar tidak sakit saat ereksi. Secara fisiologi laki-laki dewasa lebih mudah dan rutin mengalami ereksi, bahkan dengan rangsang sekecil pun sehingga beresiko menimbulkan rasa nyeri,

Selain itu, pada laki-laki dewasa yang baru saja melakukan sunat, disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu sampai benar-benar sembuh.

Metode sunat

Metode sunat yang digunakan saat sunat dewasa maupun sunat anak berbeda. Sunat dewasa menggunakan metode gun stapler . Metode sunat ini direkomendasikan untuk pasien sunat dewasa. Metode ini juga digunakan di Rumah Sunat dr. Mahdian. Memiliki keunggulan di antaranya:

  • Satu kali pakai
  • Minim risiko
  • Tanpa jahitan
  • Proses sunat cepat 10-15 menit
  • Hasil sunat baik secara kosmetik

Baca Juga: Sunat Dewasa Modern, Habis Sunat Bisa Langsung Aktivitas

Persiapan Sunat Dewasa

Sebelum melakukan sunat, pasien dewasa perlu melakukan beberapa persiap penting di antaranya:

  1. Melakukan pemeriksaan laboratorium, sebagai berikut:

Dewasa usia 20- 40 tahun : GDS, BT/CT

Dewasa Usia ≥ 40 tahun     : PT-APTT, GDS, Hematologi Sederhana

  1. Mencukur bulu pubis
  2. Dianjurkan untuk tidak menggunakan celana ketat pascasunat.

Saat ini sudah banyak laki-laki dewasa yang melakukan sunat karena peduli pada kesehatan. Sunat dewasa memiliki manfaat seperti, mengurangi risiko terinfeksi penyakit menular seksual, kanker prostat dan kebersihan lebih terjaga. Layanan sunat dewasa dapat Anda temukan di Rumah Sunat dr. Mahdian dengan ditangani oleh dokter yang memiliki jam terbang tinggi dan dibantu perawat yang berpengalaman.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya